Senin, 29 Oktober 2012

Pembelajaran Menggambar Bentuk

Halo sahabat...
Kali ini ijinkan saya untuk berbagi sedikit materi mengenai "Menggambar Bentuk". Kenapa saya pilih materi ini? materi ini ada pada mata pelajaran seni rupa, baik SMP maupun SMA. Tanpa bertujuan merendahkan atau meremehkan pihak-pihak tertentu, namun realita yang saya dapat adalah, banyak tenaga pengajar yang saat mengajar tentang materi ini sering kali melebar dari konsep menggambar bentuk itu sendiri. Sehingga siswa sering kali bingung dengan sendirinya mengenai materi ini. Tenaga pengajar sering kali menugaskan siswa untuk membuat gambar berupa bentuk-bentuk tanpa adanya "MODEL" dan parahnya mereka tidak pernah menjelaskan terlebih dahulu mengenai konsepnya apalagi sekedar berdemo di depan kelas. yupp...menggambar bentuk bukan hanya sekedar kegiatan menggambar pada umumnya sob. Semoga tulisan saya ini paling tidak memberikan sedikit "oasis di gurun pasir" bagi pembaca semua. he..he..he..he..langsung aja sob...

Pengertian menggambar bentuk adalah memindahkan objek (dalam hal ini adalah MODEL) menjadi bentuk dua dimensi dengan menerapkan prinsip-prinsip dari gambar bentuk itu sendiri. Jadi yang namanya kegiatan menggambar bentuk itu wajib ada MODEL nya sob. Simpelnya, ada MODEL kemudian para siswa mengamati, di gambar deh tuh modelnya. Tentu aja tenaga pengajar (Guru) harus memberikan bimbingan kepada siswa ketika kegiatan ini berlangsung...eeiiitss...Model disini bukan model cantik atau ganteng dengan tubuh sexy atau atletis yang bergaya lalu digambar lho...hee...(salah kaprah tuh). Sesuai dengan nama materinya, model yang dimaksud adalah berupa bentuk - bentuk. Nah, macam-macam bentuk dalam materi ini antara lain bentuk Kubistis, Silindris, Bola, dan bebas (Tolong diajarkan siswa juga ya sob konsepnya)..

Selain itu dalam menggambar bentuk ada prinsip-prinsip yang harus dipahami oleh siswa. Prinsip-prinsip tersebut antara lain:

1. Model
    Prinsip ini wajib ada dalam setiap kegiatan menggambar bentuk. Apabila tidak ada, maka kegiatan tersebut tidak dapat dikatakan sebagai kegiatan menggambar bentuk.

2. Perspektif
     Perspektif adalah penampakan suatu benda yang terlihat oleh mata. Bagaimanapun dan apapun kondisi benda yang di tangkap oleh mata, maka kondisi tersebutlah yang dipindahkan menjadi bentuk dua dimensi alias digambar sob.

3. Proporsi
    Proporsi adalah perbandingan antara unsur-unsur yang membentuk objek gambar bentuk tersebut. Entah itu perbandingan antara gambar dengan medianya (kertas gambar) maupun perbandingan antara objek gambar satu dengan yang lainnya.

4. Komposisi
    Komposisi adalah susunan unsur yang harmonis untuk membentuk suatu objek gambar. Komposisi dibagi menjadi 2 yaitu komposisi simetris dan komposisi asimetris.

5. Bayang-bayang / Gelap Terang
    Prinsip ini berfungsi membuat gambar menjadi terlihat realis atau nyata.

dalam menggambar bentuk juga dikenal teknik menggambar bentuk. anatara lain adalah:
1. arsir
2. blok/siluet
3. linier
4. dussell
5. pointilis
6. aquarel
7. plakat
8. dll..

demikian sob...info yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Dan sekali lagi saya hanya manusia biasa yang masih banyak salah...tak terkecuali dengan tulisan saya ini...terima kasih...
tetap berkreatifitaslah Guru Seni Indonesia...



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar